Wallpaper Haram Yang Menyerang Perusahaan Android Ternama

Wallpaper Haram Yang Menyerang Perusahaan Android Ternama

Wallpaper penyerang android

Wallpaper Haram Yang Menyerang Perusahaan Android Ternama – Warganet diramaikan dengan unggahan Ice Universe, akun Twitter tersebut membagikan bocoran perangkat, yang memperingatkan untuk tidak mengatur sebuah gambar menjadi wallpaper di ponsel Samsung.

Twitter diramaikan oleh unggahan seorang tipster yang mengatakan bahwa foto pemandangan yang diunggahnya haram untuk dijadikan wallpaper, bisa membuat hp mengalami gangguan.

Jika gambar tersebut dipasang sebagai wallpaper, ponsel akan hang, dengan kondisi bisa menyala, tetapi sering tersetel ulang atau restart berulangkali.

Penyerangan Android Lain nya

Sejumlah situs melaporkan peristiwa itu tidak hanya berlaku untuk ponsel Samsung, laman 9to5Google menggunakan ponsel Google Pixel 2 dan Pixel 3 XL dan mengalami hal yang serupa, tetapi tidak dengan Google Pixel 4 XL.

Sementara itu, laman Android Authority menggunakan Huawei Mate 20 Pro dan ponsel tidak “hang”.

Belum diketahui dengan pasti apa penyebab gambar tersebut bisa menyebabkan ponsel membeku sementara, diduga berkaitan dengan rentang warna yang digunakan di gambar tersebut.

Gambar danau itu diduga menggunakan warna RGB, sementara Android membaca gambar tersebut sebagai sRGB.

Ponsel yang berjalan dengan Android 11 bisa mengkonversi warna tersebut, namun, Android versi lainnya belum tentu bisa.

Laman India Times menuliskan wallpaper danau tersebut memiliki metadata berupa “Google Inc.2016” dan “Google Skia”, belum diketahui mengapa ponsel tidak bisa membaca kode tersebut.

Pada 2018 lalu, terdapat juga gambar titik hitam “Black Dot” yang juga bisa menyebabkan ponsel “hang” selama beberapa detik jika diklik.

Gambar seperti itu memiliki simbol tersembunyi diantara spasi yang akan meluas ketika diklik. Simbol tersebut membuat ponsel mengalami kelebihan muatan atau “overload” sehingga bisa menyebabkan “hang”.

Tim mencoba memasang gambar tersebut sebagai wallpaper di ponsel Samsung Galaxy A31.

Tepat setelah itu, layar ponsel tiba-tiba gelap. Ponsel sendiri masih tetap menyala/hidup, namun tidak bisa menampilkan gambar wallpaper – bar bagian atas (baterai) terkadang terlihat.

Setelah itu, ponsel mati, kemudian melakukan restart dengan sendirinya berulang kali. Tidak lama setelahnya, tampak tulisan “Android Recovery” yang diikuti kode progam.

Tulisan yang memberitahu bahwa “Ponsel tidak dapat berjalan secara normal,” yang diikuti dengan instruksi untuk memulihkan perangkat.

Pendapat dari pengamat gadget

Pengamat gadget, Lucky Sebastian, saat dihubungi Antara, Minggu malam, mengatakan belum diketahui pasti penyebab terjadinya error tersebut. Namun, dia menyebutkan bahwa gambar tersebut bisa jadi membawa kode berbeda di metadatanya saat diatur sebagai wallpaper.

“Kode ini memanfaatkanbugatau pola algoritma tertentu di handset menjadi kacau. Biasanya saat ada kesalahan dikenali oleh OS, maka yang pertama dilakukan adalahrestartdiri, agar ‘kerusakan’ tidak merembet,” ujar Lucky.