Rilis Playstation 5 Ditunda Imbas Rusuh

Rilis Playstation 5 Ditunda Imbas Rusuh

Rilis Playstation 5 Ditunda Imbas Rusuh Atas Kematian Floyd

Rilis Playstation 5 Ditunda Imbas Rusuh Atas Kematian Floyd – Sony menunda peluncuran Playstation 5 pada 4 Juni akibat protes berskala nasional atas kematian George Floyd. Pengumuman penundaan ini diungkapkan Playstation lewat akun twitternya.

Sony belum menjelaskan kapan mobil meninggalkan status konsep. Jika masuk dapur produksi, maka Vision-S dipastikan mobil pertama Sony di dunia.

Sony hanya memberi gambaran bila perusahaan kemungkinan akan berinvestasi mengembangkan teknologi otomotif khususnya membuat mobil menjadi lebih ‘pintar’.

Peluncuran yang diadakan di Konferensi Sony tersebut rencananya akan diadakan secara streaming pada 4 Juni lalu. Keputusan Sony menyiarkan peluncuran secara streaming akibat pandemi Covid-19.

Dilansir dari Link Alternatif Tembak Ikan, Sony hingga saat ini belum memberikan konfirmasi soal jadwal ulang peluncuran. Keputusan penundaan Sony ini seiringan dengan keputusan perusahaan teknologi Apple, Facebook dan Verizon yang berjanji akan menyumbang US$ kepada demonstran untuk mendukung ketidakadilan rasial.

Selain mengumumkan logo Playstation 5, perusahaan teknologi dan elektronik, Sony, mengungkap kejutan di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat, yaitu proyek otomotif yang diwujudkan menjadi konsep sedan listrik.

Prototipe ini bernama Vision-S yang menjadi bagian visi masa depan teknologi dan hiburan. Sony dibantu oleh penyuplai Jerman, Benteler Automotive Group.

PS5 mengandalkan cipset grafis Advanced Micro Devices

Sebelumnya, menyoal spesifikasi singkat PS5, konsol gim ini disebut-sebut memiliki atasan berbentuk V yang artinya lima menurut angka Romawi. Selain itu, ukuran konsol gim ini tampak lebih besar dibanding PS4 bahkan Xbox One X.

PS5 mengandalkan cipset grafis AMD (Advanced Micro Devices) untuk mendukung teknik ray-tracing demi menghasilkan grafis gim yang lebih baik. Tak hanya itu, cipset AMD juga memiliki hard drive SSD yang memungkinkan pengguna dapat mengakses gim lebih cepat.

Diberitakan google trends, Selasa, Sony juga mempercayakan pemasok otomotif, Magna, untuk urusan sistem gerak dan eletroniknya. Sejumlah analis pasar mengatakan PS5 akan dibanderol US$499 atau sekitar Rp8,17 juta (US$1 = Rp16,395).

Sony mengklaim Vision-S memiliki 33 sensor yang tersebar di interior dan eksterior, beberapa layar sebagai sistem hiburan, perangkat audio, hingga alat konektivitas. Sony menyebut mobilnya juga hasil kerja sama dengan BlackBerry dan Bosch.

Sisi eksterior Vision-S terlihat menyerupai Porsche, terutama di bagian lampu depan, dan profil mobil terlihat mirip Lucid Motors Air. Di kabin, mobil menawarkan dasbor dengan berbagai layar sampai ke baris kedua untuk penumpang belakang.

“Prototipe ini mewujudkan kontribusi kami untuk masa depan mobilitas,” kata CEO Sony Kenichiro Yoshida mengutip The Verge.

“Meskipun kami memahami gamer di seluruh dunia senang melihat game PS5, kami tidak merasa bahwa saat ini adalah waktu untuk perayaan dan untuk saat ini, kami ingin mundur dan membiarkan suara-suara yang lebih penting didengar,” kata tweet itu.

Dilansir dari IGN, Sony hingga saat ini belum mengumumkan jadwal peluncuran ulang. Masih belum jelas apakah gim-gim PS5 akan dipamerkan terlebih dahulu atau Sony akan meluncurkan konsol terlebih dahulu.