Provider Internet di Indonesia

Provider Internet di Indonesia

Provider Internet di Indonesia

Provider Internet di Indonesia, – Menurut data We Are Social, penduduk Indonesia rata-rata menghabiskan sembilan jam per hari untuk menggunakan internet. Dengan kebutuhan akan koneksi data seluler yang kian besar, kita perlu cerdas memilih layanan internet yang andal, hemat, dan efisien.

Tidak hanya sekadar memilih provider, kita juga perlu memilih paket data yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet.

Untuk membantu kamu memilih, Tech in Asia telah meringkas harga, kecepatan, dan fitur paket internet yang ditawarkan sejumlah perusahaan provider seluler di Indonesia. Kami juga menyediakan sejumlah informasi untuk memastikan bahwa paket pilihan kamu benar-benar cocok dengan kebutuhan.

Ketika sebuah provider internet menyatakan bahwa layanannya memiliki kecepatan tertentu, angka bits per second (bps) yang mereka sebutkan adalah bandwidth, atau kapasitas maksimal data yang bisa dipindahkan melalui jaringan tersebut.

Ini alasan mengapa para provider internet biasa mencantumkan kata “hingga” atau “up to ketika mengiklankan layanan masing-masing.

Misalnya, jika sebuah provider mengiklankan layanan berkecepatan hingga 20 Mbps, berarti layanan itu didesain untuk mencapai kecepatan tersebut. Tetapi, si provider tidak menjamin kamu bisa menikmati kecepatan tersebut setiap saat.

Apakah ini berarti para provider internet “berbohong” tentang kecepatan layanan mereka? Tidak juga. Mereka bisa menjanjikan bahwa jaringan masing-masing bisa menyalurkan data hingga kapasitas maksimal tertentu. Namun, mereka tidak bisa memastikan kecepatan aktual yang dinikmati para pelanggan karena berbagai faktor di luar kendali.

Misalnya, kendala bisa muncul jika jaringan Wi-Fi kamu menggunakan frekuensi 2,4 GHz yang “ramai” digunakan oleh alat elektronik seperti keyboard dan mouse nirkabel. Jika kamu menggunakan banyak perangkat serupa, kepadatan jaringan bisa menyebabkan gangguan seperti koneksi lambat atau terputus.

Gangguan serupa juga rawan terjadi jika ada banyak jaringan Wi-Fi lain di sekitar, seperti kamar kos atau rumah tetangga. Jika kamu tinggal di apartemen atau wilayah urban padat, sebaiknya kamu bersiap menghadapi internet yang tidak secepat ekspektasi.

Bayangkan bandwidth sebagai pipa air di rumahmu dan data sebagai air yang disalurkan. Ketika hanya kamu yang menggunakan air (misalnya untuk mandi), mungkin air akan mengalir deras. Tetapi, bayangkan jika ketika kamu mandi, keluargamu juga menggunakan air untuk mencuci atau memasak. Aliran air di kamar mandi pasti makin kecil.

Ini bukan berarti kamu harus memilih provider yang menawarkan bandwidth paling besar. Dalam memilih layanan, kamu perlu mengetahui berapa besar kecepatan yang kamu butuhkan.

Untuk mencari estimasi yang lebih spesifik ke kebutuhanmu, kamu juga bisa menggunakan kalkulator bandwidth seperti yang disediakan oleh High Speed Internet dan BroadbandNow.

Sebagai referensi tambahan, kamu juga bisa mengecek kecepatan internet kamu saat ini di Ookla atau Fast.com. Jika sudah puas, kamu bisa memilih paket dengan kecepatan serupa dengan yang tengah digunakan sekarang. Jika belum cukup, coba pertimbangkan paket yang lebih cepat.

Setelah kamu menemukan kecepatan yang cocok untukmu, kamu tinggal menentukan paket yang sesuai bujet dan provider yang layanannya menjangkau daerah kamu.