Perkembangan Smartphone Berbasis IOS di Indonesia

Perkembangan Smartphone Berbasis IOS di Indonesia

Smartphone Berbasis IOS

Perkembangan Smartphone Berbasis IOS di Indonesia – Teknologi terus berkembang seiring perkembangan dan kebutuhan di era digital. Kecanggihan teknologi ini terus merambah ke industri telekomunikasi. Smartphone merupakan salah satu bentuk nyata dari hasil perkembangan teknologi di era digital.  iPhone merupakan salah satu smartphone besutan Apple yang sangat fenomenal karena fitur dan kecanggihan yang ditawarkan.

dimulai dari versi orisinilnya yang pertama diperkenalkan oleh almarhum Steve Jobs sendiri di panggung Macworld Conference & Expo di tahun 2007.

Steve Jobs, CEO Apple pada saat itu memperkenalkan iPhone pertama kali dihadapan publik pada tahun 2007 di San Fransisco, California. Jobs mengatakan bahwa iPhone merupakan sebuah ponsel yang revolusioner dan juga sebuah terobosan baru penghubung ke dunia internet.

Perkembangan Apple di indonesia

  • iPhone 2G (Generasi pertama)

Produk smartphone pertama Apple ini rilis pada bulan Juni 2017. iPhone ini bisa dibilang menjadi produk kebanggan Apple karena merupakan produk smartphone pertama dan laku keras di California. iPhone ini memiliki layar sebesar 3.5 inch dengan Corning Gorilla Glass. iPhone ini juga dapat di update hingga iOS 3.13. Fitur lain yang ditawarkan pada iPhone generasi pertama ini adalah single camera 2 MP, pilihan internal memory 4/8/16 GB tanpa ada slot tambahan memory yang menjadi ciri khas iPhone hingga saat ini. Sayangnya, iPhone ini belum bisa merekam video.

  • iPhone 3G & 3GS (Generasi kedua & ketiga)

Pada Juli 2008, Apple kembali merilis iPhone terbaru yaitu iPhone 3G dengan 2 pilihan storage 8GB & 16GB. Berbeda dengan iPhone first gen, pilihan memory 4GB tidak di produksi kembali karena kebutuhan penyimpanan yang lebih besar. Untuk versi 16 GB ada dua pilihan warna yaitu putih dan hitam. iPhone ini sudah memiliki GPS, data 3G dan tri-band UMTS/HSPDA. Sangat disayangnkan, material dari device ini terbuat dari bahan plastik, tidak seperti iPhone first gen yang terbuat dari bahan alumunium. iPhone ini bisa diupdate hingga iOS 4.

Selang satu tahun setelah rilisnya iPhone 3G, iPhone generasi ketiga rilis dan mulai dipasarkan Juni 2009. Perbedaan iPhone 3GS dengan iPhone 3G adalah S yang mempunyai arti speed disertai peningkatan spesifikasi dari generasi sebelumnya. iPhone ini menggunakan kamera 3MP. Perbedaan fisik yang paling mencolok adalah logo Apple. iPhone 3G memiliki logo & teks berwarna abu-abu, sedangkan iPhone 3GS sudah menggunakan logo & teks berwarna perak. iPhone ini hanya bisa diupdate hingga iOS 6 dan sudah tidak diproduksi lagi karena device ini tidak mendukung untuk update iOS 7.

  • iPhone 4 & 4S (Generasi keempat & kelima)

iPhone 4 & 4S ini memiliki desain baru yang sangat berbeda dengan iphone seri sebelumnya. Kalau generasi sebelumnya terdapat bagian belakang device cembung, tebal, dan terbuat dari plastik, iPhone malah menjadi iPhone tertipis didunia saat itu dengan menghilangkan cembung dibagian belakang device dan dilapisi dengan kaca dibagian belakang device.

iPhone seri 4 ini menggunakan retina display, chip A4 untuk iPhone 4 & chip A5 untuk iPhone 4S. Jika iPhone 3GS memiliki huruf S yang berarti speed, pada iPhone 4S huruf S mengacu pada siri. Siri adalah intelligent personal assistant yang akan hadir pada iPhone generasi selanjutnya.

Kamera yang digunakan pada generasi ini 8MP. iPhone seri 4 ini menjadi iPhone terlaris & menjadi iPhone pertama yang bisa diupdate hingga iOS 9. iPhone seri 4 merupakan iPhone terakhir yang dibuat oleh Steve Jobs.

  • iPhone 5, 5S, & 5C (Generasi keenam & ketujuh)

iPhone seri 5 ini sudah buatan dari Tim Cook & memiliki perubahan ukuran dari seri sebelumnya menjadi lebih besar. Seri kelima ini sudah menggunakan chipset A6 dengan dukungan LTE & juga senter. Kamera tetap menggunakan buatan Sony dengan 8MP yang juga digunakan di iPhone 4S.  Seri 5 ini bisa diupdate hingga iOS 10.

iPhone 5S menggunakan huruf S yang berarti security dengan fitur baru yaitu fingerprint sensor yang berada pada tombol home button. Selain itu iPhone seri ini menggunakan chip a7 dengan arsitektur 64-bit. iPhone 5S ini bisa diupdate hingga iOS 11.

  • iPhone 6 & iPhone 6S (Generasi kedelapan & kesembilan)

Pertama kali dalam sejarah Apple mengeluarkan iPhone dengan ukuran lebih besar dari generasi sebelumnya yaitu 4.7 inch & 5.5 inch untuk iPhone 6+. Apple juga mengupgrade prosesor, kamera, jaringan LTE & Wi-Fi, dan jaringan NFC untuk mobile payment. Seri 6 ini juga meninggalkan memory 32 GB, jadi hanya ada pilihan memory penyimpanan mulai dari 16 GB, 64 GB & 128 GB.

Untuk seri 6S, iPhone mangalami peningkatan kualitas fitur yaitu 3D Touch, peningkatan kualitas kamera depan & belakang, prosesor yang lebih cepat, body dengan alumunium alloy, dan mengeluarkan warna pilihan baru yaitu rose gold setelah sebelumnya mengeluarkan warna space gray, silver, dan gold. Pilihan memory penyimpanan iPhone 6S ini sama dengan iPhone 6.

  • iPhone SE

iPhone seri ini memiliki ukuran dan bentuk fisik seperti iPhone 5S. Hanya saja dibekali dengan spesifikasi mumpuni seperti 6S. iPhone SE ini sudah menggunakan prosesor A9 dengan RAM 2GB, kamera belakang 12 GB, dan baterai yang lebih besar dari iPhone 5S.

  • iPhone 7 & 7+ (Generasi kesepuluh)

Terlihat senada dengan iPhone seri 6 & 6S, ternyata iPhone 7 & 7+ membawa perubahan besar. Tombol home button yang berada pada iPhone seri 7 ini merupakan tombol statik yang menggunakan taptic engine, yang memberikan respon getar saat kamu menyentuh tombol ini yang membuat kamu seakan akan sudah menekan tombol padahal hanya menyentuh. Teknologi ini juga digunakan pada trackpad MacBook Pro yaitu Force Touch. Selain itu tombol home button baru tersebut tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1 meter selama maksimal 30 menit.

  • iPhone 8 & 8+ (Generasi kesebelas)

Penjualan iPhone seri 8 memang tidak begitu selaris generasi sebelumnya. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dari seri 8 ini, hanya saja dibagian belakang device dilapisi dengan glass. Dari spesifikasi performa memang iPhone seri 8 ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan iPhone seri 7. Salah satu peningkatan performa terlihat dari penggunaan chiset A11 Bionic. iPhone seri 8 ini sudah mendukung untuk wireless charging.

  • iPhone X

iPhone ini merupakan seri spesial yang dirilis untuk memperingati anniversary iPhone ke 10. Mempunyai desain yang sangat berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, membuat iPhone X ini sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar iPhone. Apple menggunakan Face ID sebagai sekuritas dengan pendekteksi wajah ketika ingin membuka kunci pada iPhone X. Layar berukuran 5.8 inch ini menggunakan OLED yang mendukung teknologi True Tone. Chip prosesor yang digunakan sama dengan iPhone seri 8 yaitu A11 Bionic Hexa-core yang dipadukan dengan RAM 3GB. Kamera iPhone X ini juga sudah berubah tata letaknya dari menyamping mejadi lurus kebawah dengan 2 kamera belakang yang terdiri dari lensa normal dan telephoto.

  • iPhone XS, XS Max, & XR

Ketiga seri iPhone X terbaru tersebut sebenarnya mempunyai fitur yang hampir sama. Ketiga seri X ini menggunakan chipset terbaru yaitu A12 Bionic. iPhone XS dan XS Max didukung dengan pilihan kapasitas memory 64 GB, 256 GB, dan 512 Gb. Sedangkan iPhone XR didukung dengan pilihan kapasitas memory 64 GB, 128 GB, dan 256 GB.