Terus Berkembang, Intip Kemampuan Hebat yang Dimiliki Snapdragon 865

Terus Berkembang, Intip Kemampuan Hebat yang Dimiliki Snapdragon 865

Intip Kemampuan Hebat yang Dimiliki Snapdragon 865

Intip Kemampuan Hebat yang Dimiliki Snapdragon 865 – Teknologi dari smartphone rasanya tidak pernah sedikitpun berhenti untuk berkembang. Untuk setiap tahunnya, bahkan sampai setiap bulannya, ada saja teknologi terbaru dari smartphone yang dikenalkan ke publik. Mulai dari chipset sebagai komponen menunjang kecepatan sebuah hasil smartphone dan juga sebagai salah satu bagian dari teknologi yang terus saja mengalami perkembangan.

Baca juga : Ubisoft Layangkan 2 Gugatan Besar Ke Raksasa Teknologi Apple dan Google, Kenapa?

Nah, salah satu perusahaan teknologi yang berfokus pada chipset smartphone, Qualcomm Technologies, sudah meluncurkan chipset baru yang memulai debutnya pada awal tahun ini yaitu Snapdragon 865.

Chipset yang sudah mulai mengisi dapur pacu bagi beberapa flagship smartphone ini hadir dengan banyak peningkatan yang tentunya semakin garang, lho. Setidaknya, ada lima kemampuan hebat ini yang dimiliki oleh Snapdragon 865. Penasaran? Yuk, simak artikel berikut ini!

Performanya yang Ngebut

Snapdragon 865 akan ditenagai dengan CPU Kyro 585 digadang-gadang mampu menjanjikan kecepatan performa hingga 25 persen daripada versi sebelumnya, Snapdragon 855+.

Sedangkan, untuk urusan grafis, Snapdragon 865 menggunakan GPU Andreno 660 yang menjanjikan daftar akun s128 performa gaming akan semakin terasa mirip dengan desktop atau perangkat komputer.

Secara keseluruhan, menurut Qualcomm, Snapdragon 865 akan memiliki performa yang lebih cepat sekitar 25 persen daripada versi sebelumnya dalam hal kecepatan pengolahan aplikasi dan tingkat pemproses gambar yang ekstramulus.

Bayangkan saja, dengan versi sebelumnya, kamu sudah bisa mendapatkan pengalaman olah aplikasi yang sangat maksimal. Tentunya, pengalaman mulus dari Snapdragon 865 sudah tidak perlu ditanyakan lagi, bukan?

Peningkatan Pada Kemampuan Kamera untuk Foto dan Perekaman Video

Sudah tahu jika performa chipset dapat memengaruhi kualitas kamera smartphone mulai dari proses pengambilan foto hingga merekam video, kan? Nah, Snapdragon 865 juga menjanjikan pengalaman olah grafis yang maksimal yang pastinya akan memukau mata penggunanya, lho.

Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 865 dapat mengambil gambar lebih tajam hingga 200 megapiksel yang tentunya berkali-kali lipat lebih besar daripada kebanyakan smartphone saat ini yang rata-rata masih mengadaptasi kamera beresolusi 64 megapiksel.

Selain itu, untuk bagian perekaman video, Snapdragon 865 juga mendukung pengambilan video beresolusi 8K dengan kecepatan pengambilan gambar hingga 2 gigapiksel per detik dan fitur slow motion video mencapai 960 fps!

Tentunya, peningkatan dari performa kamera akan menambah pengalaman mengambil gambar pengguna hingga semakin mirip dengan kamera asli, bukan?

Dukungan Konektivitas Jaringan 5G

Ini nih salah satu perkembangan teknologi jaringan smartphone yang tidak luput dari peningkatan di Snapdragon 865. Hadirnya jaringan 5G memaksa produsen chipset harus berkembang agar cocok digunakan pada jaringan 5G. Dengan begitu, kebutuhan pasar dapat terpenuhi.

Bukan main-main, kemampuan jaringan 5G yang dibawa oleh Snapdragon 865 melalui sistem Snapdragon X55 5G Modern RF-System ini mampu mengangkat kecepatan jaringan hingga 7,5 Gbps! Sudah siap dengan pengalaman berinternet ria yang super ngebut?

Display Layarnya yang Super Mulus dangan Capaian Angka 144Hz.

Seperti yang disebutkan di atas, untuk urusan grafis, tentunya kualitas dari Snapdragon 865 sudah tidak perlu diragukan lagi. Hal tersebut kemudian ditambah lagi dengan fitur display layar supermulus dengan refresh rate yang mampu mencapai 144Hz!

Kebanyakan flagship smartphone saat ini masih menggunakan display layar yang hanya menyentuh refresh rate pada angka 60Hz, namun sudah sangat terlihat mulus dalam olah grafis layar sehingga tidak nampak adanya gelombang yang mengganggu mata.

Nah, bayangkan kalau kemulusan tampilan grafis layar ketika melakukan aktivitas scrolling dari refresh rate 60Hz tersebut bisa dimutakhirkan hingga dua kali lipatnya? Pasti mulus banget, kan?

Jauh Lebih Efisiensi dalam Penggunaan Baterai

Terakhir, kemampuan hebat yang ditawarkan oleh Snapdragon 865 adalah efisiensi penggunaan daya sehingga baterainya dapat lebih bertahan lama daripada versi sebelumnya. Meskipun begitu, Snapdragon 865 akan tetap memberikan performa terbaik yang juga melebihi versi chipset sebelumnya.

Teknologi proses 7 nm pada Snapdragon 865 akan mengurangi konsumsi daya baterai dan mengurangi panas smartphone. Selain itu, ada pula fitur Qualcomm Quick Charge AI. Sebuah teknologi yang akan memeriksa kesehatan dan keamanan baterai smartphone yang akan membuat baterainya bertahan hingga 200 hari!

Nah, itu dia lima kemampuan hebat yang dibawakan oleh Snapdragon 865. Apakah kamu sudah memiliki smartphone impian yang ditenagai dengan chipset ini?

Sumber : idntimes.com