Ingin Hasil Potret Smartphone Kamu Tampak Apik? Ini Kata Darwis Triadi

Darwis Triadi

Ingin Hasil Potret Smartphone Kamu Tampak Apik? Ini Kata Darwis Triadi

Ingin Hasil Potret Smartphone Kamu Tampak Apik? Ini Kata Darwis Triadi,- Sejalan dengan perkembangan teknologi, kemampuan kamera di smartphone mampu bersanding dengan deretan seri kamera profesional.

Karena hal tersebut, smartphone sering kali menjadi andalan pengguna awam hingga fotografer profesional untuk mengabdikan momen.

Adapun salah satu smartphone tersebut adalah Oppo Reno3, yang dilengkapi empat lensa dengan fungsi berbeda-beda untuk memotret dan merekam video lebih apik.

Keempat lensa yang dimaksud termasuk kamera 64MP dengan lensa wide, 8MP berlensa ultrawide, 2MP untuk memotret macro hingga 2MP untuk mendapatkan hasil foto bokeh.

Walau kemampuan kamera sudah canggih dan mampu bersaing dengan kamera profesional, tentunya tidak semua orang mampu menghasilkan potret menarik.

“Perubahan teknologi membuat kita harus siap dengan perubahan terhadap perangkat yang digunakan,” ujar Darwis Triadi kepada media di Museum Nasional, Jakarta, Jumat (13/3/2020).

Ditemui di acara Oppo Reno3 Experince Tour, fotografer senior kenamaan Tanah Air ini berbagi ilmu tentang bagaimana cara memotret menggunakan smartphone Oppo Reno3.

“Saya gaptek awalnya, tapi lama-lama setelah dipahami, hanya alatyang berubah,” kata Darwis.

Darwis menyebut setiap fotografer, entah itu pakai kamera atau smartphone , harus mengetahui satu hal penting untuk diketahui agar bisa memotret. Apa itu?

“Cahaya. Hal terpenting yang harus diketahui fotografer–pakai kamera atau smartphone–adalah bagaimana ‘sifat’ cahaya,” tutur Darwis.

Spesifikasi Oppo Reno3

Darwis Triadi

Versi global Reno3 Pro memiliki panel OLED berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90Hz, dan lubang di layar untuk tempat kamera selfie berkemampuan 32MP.

Guna menawarkan pengalaman bermain gim maksimal dan bebas lag, panel layar memiliki tingkat deteksi sentuhan hingga 180Hz. Tak hanya itu, layar Reno3 Pro juga sudah mendukung HDR10+.

Dalam hal kamera, Reno3 Pro hadir dengan sensor berkemampuan 5x hybrid zoom (2x optik dan sisanya digital). Smartphone ini memiliki empat kamera utama, yakni 8MP (ultrawide-angle), 48MP kamera utama, 2MP (black and white), dan 13MP (telephoto).

Layar OLED 6,5

056886200_1583747018-IMG_20200309_135236-01

Sementara Reno3 hadir dengan layar OLED 6,5 inci yang sama seperti versi Pro. Perbedaannya, kamera selfie berkemampuan 32MP ini berada di dalam notch waterdrop.

Perbedaan lainnya juga terlihat di bagian belakang smartphone. Reno3 hanya memiliki sensor utama berkemampuan 64MP, 8MP (ultrawide), sensor black and white, dan portrait.

Reno3 hadir dengan chipset terbaru milik MediaTek, yakni Dimesity 1000L dan dibantu performanya oleh GPU Mali-G77. MediaTek menyebutkan, chipset barunya ini memiliki performa hingga 4,7Gbps dan mendukung berbagai jaringan dari 2G hingga 5G.