Indonesia Punya Game eSport MOBA Pertama!

Indonesia Punya Game eSport MOBA Pertama!

Indonesia Punya Game eSport MOBA Pertama!

Indonesia Punya Game eSport MOBA Pertama! Akan selalu ada anak muda yang mengharumkan Tanah Air salah satunya Antararupa Studio yang merilis game eSport pertama hasil anak bangsa. CEO Anantarupa Studio Ivan Chen mengatakan persiapan untuk game bernama Lokapala ini membutuhkan waktu dua tahun.

Dalam peluncurannya dari kanal YouTube Lokapala Moba, Ivan menjelaskan, Anantarupa Studio sendiri sudah mengeluarkan beberapa aplikasi. Akan tetapi ada yang membuat mereka semakin terkenal yakni AR hibition 2012, VR Museum, VR Tourism 2015. Nah, tahun ini mereka pun telah resmi merilis Lokapala.

Ivan juga menambahkan sejumlah alasan mengapa ia dan tim menciptakan game ini. Salah satunya adalah faktor industri gaming yang belum tereksplor dengan maksimal meski memiliki potensi yang sangat besar.

“Tidak ada game lokal yang jatuhnya eSport kemudian kita ingin memperkenalkan tokoh sejarah atau mitologi Nusantara, terakhir kita ingin mem-promote gaming sebagai hal yang positif,” jujur Ivan.

“Ada enam loka dan delapan unsur dari setiap ksatria punya unsur. Lokapala dari Sansekerta artinya pelindung jagat, menggambarkan ksatrianya pahlawan lokal. Dan ada beberapa fitur, ada UI baru yang akan kita update berkala, ada juga Yantra system, rank system, lalu ada shop juga kita perkenalkan kemudian dalam game akan ada ‘Rakhshasa’ untuk comeback, Ganking Lane, kemudian The Ancient One,” kata Ivan menjelaskan beberapa mode yang ada dalam game.

Dalam game, wahana pertempuran disebut dengan nama ‘suaka’. Hero-nya juga memiliki kemampuan tersendiri dan disertai nama yang khas Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga turut memberikan pendapatnya soal peluncuran game Lokapala.

“Beberapa anak bangsa kita telah membuktikan generasi milenial kita masih memiliki semangat untuk berkarya. Di hari ini, ada Lokapala adalah eSport pertama dan 100% karya anak bangsa. Kami sangat mengapresiasi dan kami paham akan masa depan eSport. Kami juga melihat game online bisa menjadi salah satu potensi. Kami sepakat industri ini sangat potensial untuk menjadi tonggak negara,” ujarnya.

Lokapala Rilis Saat Pandemi COVID-19, Turnamen Bakal Tetap Jalan

Van Chen CEO Anantarupa Studios menjelaskan dalam live streaming di kanal YouTube Lokapala Moba, Rabu  bahwa turnamen itu akan tetap berlangsung. Namun, tentu saja untuk pelaksanaannya akan disesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Jadi akan ada Piala Menpora 2020, mungkin sekitar Q3 atau Q4 untuk anak-anak dari 350 sekolah di seluruh Indonesia. Kemudian ada juga dari Melon ada mini tournament, perkiraan Q3 dan Q4 juga,” ujar Ivan.

“Kita ada Piala Menpora, 2020 harusnya offline, tapi karena adanya isu COVID-19 kami ubah polanya menjadi online turnamen. Kita tidak akan jor-joran, kami akan jadikan wahana ini agar menjadi sarana untuk para gamers,” tuturnya.